herbal, kunir putih

Kunir Putih Sumber Antioksidan Alami

Posted at November 14, 2015 » By : » Categories : herbal,kunir putih » 1 Comment
prof. dr. ir. hj. dwiyati pujimulyani. mp

Prof. Dr. Ir. Hj. Dwiyati Pujimulyani. MP

Seorang guru besar dan peneliti dari fakultas Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Prof. Dr. Ir. Hj. Dwiyati Pujimulyani. MP menemukan manfaat kunir putih (curcuma mangga. val) untuk mencegah dan mengobati kanker, peradangan, dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan lemak. Kunir putih pun ia produksi untuk menjadi pangan fungsional berbentuk kapsul.

Penyakit kanker, darah tinggi, stroke, jantung dan asam urat boleh dibilang masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Apalagi angka kematian akibat penyakit-penyakit tersebut di Indonesia masih tergolong tinggi setiap tahun. Gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat diyakini menjadi salah satu penyebab kemunculan beberapa penyakit tersebut.

Berdasarkan fakta itu Hj. Dwiyati telah melakukan penelitian selama kurang lebih 12 tahun berkaitan dengan kunir putih. Ia berpendapat, berbagai penyakit yang berhubungan lemak dan kanker dapat diatasi dengan zat antioksidan. Zat ini dapat diperoleh dari sumber-sumber alami atau bahan sintetik. Antioksidan dari bahan sintetik memang memiliki efektifitas tinggi, namun kurang aman untuk kesehatan.

Lantas ia mencari pangan sumber antioksidan alami untuk dikembangkan. Menurutnya, pangan yang potensial untuk dikembangkan, salah satunya kunir putih (curcuma mangga. val). Manfaat kunir putih sumber antioksidan alami karena kunirputih mengandung kurkuminoid dan polifenol.

Kapsul Kunir Putih

kunir putih sumber antioksidan AlamiHasil penelitiannya menunjukkan olahan kunir putih dalam bentuk minuman (sirup, bubuk instan, dan tablet effervescent) mempunyai aktivitas antioksidan. Begitu pula olahan kunir putih berupa makanan yang berbentuk manisan basah atau kering. Kini.. ia telah memproduksi olahan kunir putih dalam bentuk kapsul.

Produk-produk kunir putih bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah dan mengobati kanker (kista atau tumor), mencegah dan mengobati peradangan (maag, ambeien, bronkhitis, amandel, keputihan, nyeri haid, jerawat, diabetes dan asma), dan mampu mencegah dan mengobati penyakit yang berhubungan dengan lemak (darah tinggi, stroke, jantung, asam urat, dan kolesterol)

Upaya sosialisasi produk olahan kunir putih dilakukan melalui berbagai media cetak dan media sosial. Hasil penelitian Hj. Dwiyati inipun telah di sosialisasikan di forum-forum atau seminar kesehatan, baik nasional maupun internasional. Dampak positif sosialisasi produk tersebut, semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan produk olahan kunir putih. Apalagi harga produk kapsul kunir putih sangat terjangkau.

(sumber: majalah kicau bintaro – mei 2015)

Artikel Terkait:

Comment

  • kaidi

    Desember 26, 2016 at 3:41 pm

    Selamat sore
    Saya mau beli KP60 sebanyak 2 botol. Untuk gagal ginjal hypertensi, konsumsinya berapa sehari? Terima kasih

Leave a Comment