kesehatan

Makanan Penyebab Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Posted at Januari 28, 2016 » By : » Categories : kesehatan » 0 Comment

hipertensiHipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang muncul secara diam-diam. Sulit untuk mengetahui seseorang terkena hipertensi, tanpa mengukur tekanan darah. Agar tidak terkenana hipertesi sebaiknya harus ketahui beberapa makanan penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Balitbangkes tahun 2007 menunjukkan penderita hipertensi Indonesia mencapai 31,7%. Dari semua penderita hipertensi di Indonesia, hanya 25% saja yang terdiagnosis. Ini berarti 3 dari 4 orang yang mengidap tekanan darah tinggi, tidak tahu bahwa mereka mempunyai kondisi tersebut. Lebih bahayanya lagi, kurang dari 1% pengidap hipertensi mengonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darahnya. Hal ini membuat hipertensi sebagai salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Ada banyak orang yang tidak menyadari bahwa apa yang mereka makan memiliki kandungan sodium yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sebaliknya dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung potasium, magnesium, dan serat dapat membantu Anda mengendalikan tekanan darah.

Beberapa Daftar Makanan Penyebab Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

makanan penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi1. Garam dan Sodium
Garam dan Sodium merupakan hal yang jahat ketika dikonsumsi bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. The Dietary Guidelines for Americans menunjukkan bahwa orang dengan hipertensi atau prehipertensi harus membatasi asupan sodium sekitar 1.500 mg perhari.

2. Pizza
Semua pizza bisa berdampak buruk bagi mereka yang harys menjaga asupan sodium mereka.
Pizza merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi. Karena pada pizza terdapat Kombinasi keju, daging, saus tomat, dan roti yang membuat pizza kaya akan sodium.

3. Makanan Kaleng
Biasanya pada makanan kaleng terdapat kadar sodium yang sangat tinggi. Sebaiknya sebelum anda membeli atau mengolah makanan kaleng cermati label pada makanan kaleng dan cari yang rendah kandungan sodium atau natrium nya.

4. Lemak Jenuh dan Trans
Terlalu banyak lemak jenuh dan lemak trans akan meningkatkan kolesterol jahat (LDL) Anda. LDL tinggi dapat memperburuk hipertensi Anda, dan akhirnya dapat menyebabkan berkembangnya penyakit jantung koroner. Jadi sebaiknya Anda harus mengingat lemak jenuh dan trans merupakan salah satu makanan penyebab darah tinggi yang harus Anda hindari.

5. Minuman Keras
Risiko tekanan darah akan meningkat jika Anda mengonsumsi minuman keras terlalu sering dan berlebihan, tapi dengan mengikuti rekomendasi yang ada, maka risiko tersebut bisa dikurangi. Perhatikanlah bahwa:

Pria tidak disarankan minum lebih dari 3-4 unit (2 hingga 2,5 kaleng bir berkadar alkohol 4,7%) per harinya
Wanita tidak disarankan minum lebih dari 2-3 unit (maksimal 2 kaleng bir berkadar alkohol 4,7%) per harinya

Kandungan kalori yang tinggi di dalam alkohol juga bisa menambah berat badan Anda. Dengan kata lain bisa menjadikan risiko tekanan darah menjadi lebih tinggi.

6. Kafein
Kurangi konsumsi minuman seperti kopi, teh, cola , dan minuman berenergi lain yang mengandung banyak kafein. Yang lebih penting, sebaiknya sumber cairan Anda tidak hanya berasal dari minuman di atas. Karena minum lebih dari empat cangkir kopi sehari bisa meningkatkan risiko tekanan darah Anda.
Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi anda dapat melakukan olah raga secara teratur untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga jantung serta pembuluh darah dalam kondisi baik, olahraga, dan beraktivitas secara teratur perlu dilakukan. Hidup aktif juga bisa membantu menurunkan berat badan Anda.

Setiap minggu, bagi orang dewasa beraktivitas dengan intensitas menengah seperti bersepeda atau jalan cepat, setidaknya harus dilakukan selama 2 hingga 3 jam. Aktivitas yang dilakukan harus membuat Anda berkeringat dan sedikit kehabisan napas. Bagi orang gemuk, berjalan mendaki sudah bisa merasakan efek itu. Olahraga apa pun bisa termasuk dalam aktivitas fisik, bahkan berjalan atau merawat taman.

Selain dengan olahraga, kami juga merekomendasikan kepada anda untuk mengkonsumsi kunir putih curcuma mangga.val yang merupakan Obat Herbal terbaik yang salah satu khasiat untuk menurunkan kembali tekanan darah tinggi secara bertahap hingga kebatas normal.

Itulah informasi mengenai Makanan Penyebab Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi yang dapat saya sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi tersebut dapat bermanfaat dan membantu anda dalam menjaga tekanan darah anda hingga berada dibatas normal.

Artikel Terkait:

Leave a Comment