kanker, kesehatan

Penyakit Kanker Prostat

Posted at Februari 8, 2016 » By : » Categories : kanker,kesehatan » 0 Comment

penyakit kanker prostatPenyakit Kanker prostat merupakan salah satu tumor ganas yang tumbuh di dalam kelenjar prostat. Sebagian besar penyakit ini menyerang pria berusia 70 tahun ke atas dan pada semua pria yang berusia 90 tahun. Kanker prostat ini jarang dijumpai pada pria yang berusia 40 tahun ke bawah.

Kanker prostat ini dapat menyebabkan kematian nomor tiga pada seorang pria, dan menjadi penyebab utama kematian akibat kanker pada pria pada usia 74 tahun. Penyebab tidak diketahui walaupun beberapa riset atau penelitian telah menunjukan bahwa adanya hubungan antara diet lemak tinggi dan meningkatnya kadar hormon testosteron.

Sebagian besar kanker prostat ini tidak mempunyai gejala yang jelas, karena perkembangannya yang lambat. Pada kebanyakan kasus , kanker prostat ini baru dapat terdeteksi setelah menyebar ke tulang terutama tulang belakang, tulang panggul, dan iga bahkan sampai ke ginjal yang dapat menyebabkan gagal ginjal. Kanker tulang menimbulkan nyeri dan tulang akan menjadi rapuh dan mengakibatkan patah tulang atau fraktur.

Gejala Penyakit Kanker Prostat

Pada kanker prostat tahap awal tidak mempunyai gejala atau tanda-tanda yang jelas, namun pada tahap lanjut gejala penyakit kanker prostat dapat meliputi :

  • Mempunyai masalah di saat buang air kecil
  • Cairan urine yang mengandung darah
  • Berkurangnya kualitas urine
  • Adanya darah pada air mani
  • Pembengkakan pada kaki
  • Terasa tidak nyaman pada area pinggul
  • Merasakan nyeri pada tulang

Penyebab dan Faktor Resiko Penyakit Kanker Prostat

Tidak jelas apa sebenarnya yang menyebabkan kanker prostat. Para dokter menilai bahwa kanker prostat timbul ketika beberapa sel prostat menjadi tidak normal. Mutasi sel yang tidak normal tersebut akan membuat sel tumbuh sangat cepat dibanding sel yang normal. Pada saat sel normal mati, maka sel ini tidak akan mati. Kumpulan dari sel-sel yang tidak mati tersebut akan membentuk sebuah tumor yang tumbuh dan menyerang jaringan yang ada disekitarnya. Beberapa sel yang tidak normal tersebut kemungkinan akan menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Beberapa faktor resiko yang memungkinkan untuk menderita kanker prostat yaitu:

  • Sudah mencapai usia yang tua
  • Mempunyai keturunan keluarga yang pernah mengidap kanker prostat
  • Obesitas, Seorang pria yang menderita kanker prostat dan mempunyai berat badan yang tidak normal akan sulit melakukan perawatan medis.

Cara Pencegahan Kenker Prostat

  1. Mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan buah dan sayur. Selalu menghindari makanan yang berlemak tinggi dan kurangi penggunaan suplemen. Sayuran dan buah-buahan ini mempunyai banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu nutrisi yang terkandung di dalamnya yaitu lycopene yang bermanfaat untuk mencegah kanker prostat.
  2. Selalu berolahraga secara teratur. Olahraga ini dapat mengembalikan atau memperbaiki kesehatan anda serta dapat menjaga berat badan anda. Terdapat bukti yang menjelaskan bahwa pria yang selalu berolahraga mempunyai kemungkinan kecil untuk terkena kanker prostat daripada yang tidak berolahraga.
  3. Menjaga berat badan anda. Jika saat ini anda sudah mempunyai berat badan yang sudah ideal, perlu anda pertahankan dengan selalu melakukan olahraga secara teratur. Bagi anda yang mempunyai berat badan lebih, usahakan mengurangi kalori yang ada pada makanan anda dan selalu berolahraga dengan teratur.
  4. Konsultasi dengan dokter ahli kanker prostat jika anda merasa adanya resiko kanker prostat pada diri Anda.

Herbal Untuk Penyakit Kanker Prostat

Tanaman herbal yang cocok untuk menanggulangi penyebaran sel kanker adalah temu mangga atau di beberapa daerah biasa di sebut kunir putih, temu bayangan, temu poh (Jawa), temu pao (Madura), temu mangga, temu putih (Melayu), koneng joho, koneng lalap, konneng pare, koneng bodas (Sunda). Tanaman herbal yang memiliki nama latin Curcuma mangga Val. ini kaya akan kandungan kimia seperti tanin, kurkumin, gula, minyak atsiri, damar, flavonoid, dan protein toksis yang dapat menghambat perkembangbiakan sel kanker

Artikel Terkait:

Leave a Comment